Cukupkah Do'a Tanpa disertai Usaha?

Cukupkah Do'a Tanpa disertai Usaha?


Elangrimba.com - Suatu hari Kabayan ingin mengunjungi rumah teman lamanya yaitu Asep. Semampainya di depan rumah Asep, tak sengaja Kabayan mendengar rintihan Asep yang mengadu kepada Allah karena seharian belum makan. Mendengar rintihan sahabatnya tersebut Kabayan merasa kasihan. Akhirnya Kabayan pun memutuskan untuk memberi hadiah 5 ekor ayam dengan sembunyi-sembunyi.
Asep setiap hari selalu meminta kepada Allah untuk menurunkan rizki-Nya. Tak disangka setelah seharian penuh berdoa, asep pun keluar rumah dan melihat ada 5 ekor ayam yang diberikan kepadanya. Untuk mengobati rasa laparnya, Asep pun memutuskan untuk menggoreng satu diantara lima ekor ayam tersebut.

Hari demi hari Asep selalu memohon dan meminta kepada Allah pagi, siang dan malam agar diberikan rizki yang melimpah. Namun Asep sama sekali tidak mau merubah nasipnya, yang dilakukannya hanyalah berdoa, berdoa dan berdoa saja. Hingga pada akhirnya ayam pemberian dari Kabayan tersisalah dua ekor.Asep mulai cemas karena ayamnya sebentar lagi akan habis. Bisa-bisa jatah makan esok hari tidak ada. Tanpa lelah Asep terus menunggu pertolongan dari Allah. Namun pertolongan itu tak kunjung datang.

Beberapa hari kemudian Kabayan pun datang melihat ayam-ayam yang dihadiahkan tempo hari ke Asep. Dengan mengendap-endap Kabayan mendengar lagi rintihan Asep bermunajat kepada Allah. Kabayan pun punya ide cemerlang, Kabayan menuliskan sebuah surat yang isinya perintah untuk berfikir apakah 2 ekor ayam itu dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang bernilai.

Dua tahun kemudian Kabayan memutuskan untuk mengunjungi rumah sahabatnya itu. Sesampai di sana Kabayan kebingungan mencari rumah Asep. Kabayan kebingungan rumah yang dulu ditempati Asep sekarang telah berubah menjari Restoran. Ditengah rasa bingungnya Kabayan bertemu dengan Asep. Asep menceritakan kehidupannya dari mendapat 5 ekor ayam misterius hingga berhasil menjadi pengusaha ayam goreng. Dengan antusias asep mengisahkan jatuh bangunnya ketika memulai usaha rumah makan.

Dari penggalan kisah diatas, dapat ditarik kesimpulan jika Doa tanpa usaha adalah sia-sia. Allah tidak akan menurunkan rizki kepada hambanya apabila hambanya hanya memohon dan meminta. Oleh karena itu, setiap doa yang kita panjatkan harus disertai usaha ya....

Tidak ada komentar untuk "Cukupkah Do'a Tanpa disertai Usaha?"