Alasan Untuk Berinvestasi Emas

Alasan Untuk Berinvestasi Emas


ElangRimba.com - Apakah Anda berpikir tentang berinvestasi emas? Alasan yang Anda punya haruslah sesuai dengan motif Anda untuk membeli emas iitu sendiri. Pelajari mengapa investor lainnya membeli emas saat ini.
Ada banyak jenis investasi emas yang tersedia bagi investor, seperti saham tambang emas, reksadana, emas batangan, koin bullion, koin langka, sertifikat emas, dan pertukaran dana diperdagangkan. Untuk menentukan bentuk terbaik untuk kebutuhan anda, Anda harus mempunyai alasan yang jelas di diri Anda sendiri mengapa Anda ingin membeli emas.

Berikut adalah alasan utama investor termasuk emas dalam portofolio investasi mereka:

1. Emas memberikan diversifikasi portofolio
Rendahnya korelasi harga emas dengan harga obligasi dan saham membuat emas bermanfaat untuk portofolio investasi campuran dalam rangka kelancaran pengembalian dan volatilitas portofolio lebih rendah jangka panjang.

2. Emas merupakan lindung nilai inflasi – penyimpan nilai – dalam kondisi normal
Barang, tanah dan harga ekuitas cenderung naik harga dari waktu ke waktu ditekan oleh permintaan konsumen sebagai pemerintah meningkatkan uang yang beredar. Peningkatan jumlah uang beredar mendukung meningkatnya pendapatan pribadi, yang mendorong baik tabungan dan pengeluaran konsumen, yang merangsang ekonomi. Tetapi karena harga naik, daya beli yang diukur dalam satuan mata uang menurun. Karena harga emas, perak dan komoditas lainnya akan naik selama jangka sangat panjang, yang memiliki mereka mempertahankan nilai kekayaan Anda (setidaknya sebelum pajak).

3. Emas merupakan lindung nilai efektif terhadap kelemahan Rupiah
Ketika uang kertas (uang dengan tidak ada nilai intrinsik dan tidak dikonversi menjadi sesuatu dengan nilai intrinsik) terdepresiasi karena investor kurang cenderung untuk menahannya (untuk alasan apapun), harga emas dalam mata uang yang cenderung meningkat.
Secara historis, emas telah menunjukkan hubungan terbalik terhadap Rupiah, sehingga menjadikannya sebagai lindung nilai efektif terhadap kelemahan mata uang Rupiah.

4. Emas merupakan investasi yang sangat baik selama periode hiperinflasi
Keengganan investor untuk memegang mata uang mereka sendiri dalam kasus yang ekstrim mengarah ke hiperinflasi (dan mungkin untuk keruntuhan sistem ekonomi). Dalam hal ini pemegang Rupiah akan membeli komoditas.

5. Emas adalah memegang aman dalam kasus bencana
Karena penerimaan global dan nilai investasinya yang baik, emas secara tradisional adalah bentuk investasi yang aman. Dalam kasus kehancuran sistem ekonomi, orang ingin memiliki emas fisik portabel karena aset yang keras akan diminta untuk membeli sesuatu yang bernilai, seperti makanan, dan karena aset tahan lama (seperti mobil dan rumah) mungkin penurunan harga seperti sebagian besar yang seorang investor yang memiliki emas fisik akan dapat membelinya dengan harga yang murah.

Faktor lain yang mempengaruhi keputusan investasi Anda

Ada pertimbangan lain yang akan memotivasi setiap individu untuk membeli emas atau tidak membeli emas pada waktu tertentu dan yang akan mempengaruhi bentuk yang paling tepat untuk investasi emas. Diantaranya: jangka waktu investasi Anda, berapa banyak kekayaan Anda harus melindungi, pandangan Anda pada tingkat inflasi masa depan dan tarif pajak masa mendatang, ada berapa banyak aset lain yang Anda punya, dan pandangan Anda terhadap ekonomi, juga kebijakan pemerintah dan hutang publik.

Tidak ada komentar untuk "Alasan Untuk Berinvestasi Emas"